Sunday, January 08, 2006

Pasar Grogol

Nah Pasar yang satu ini, dulu lagi jaman gadis sering saya kunjungi dengan adinda atau juga ibunda, tapi masih belum bertingkat seperti sekarang ini.
Sekarang udah bagus, rapih dan serba gak tau dimana lagi lokasinya tempat langganan yang dulu biasa dikunjungi.....


Kemarin itu iseng2 ah belanja kepasar ini, ternyata langsung jatuh cinta, abisnya ternyata ayam tuh bisa beli daging dada saja kiloan, atau paha saja yang masih bertulang, jual juga ayam semi kampung yang istilahnya blasteran, wah kan sehat makan ayam model gini, dari pada yang ayam ras, terlalu berlemak.

Karena saya memang gak gitu suka daging atau ikan, jadi yang penting asal yang jual ayam okeh, wah sudah, yang lain jadi ikutan beres.....
Padahal juga penjual dagingnya belum sempat dikunjungi, maklum saya kan gak makan terlalu banyak daging, mungkin lain kali deh.
Tapi kalau penjual ikan, oooo mau tak mau namanya ikan, wajib dikonsumsi, biar agak kurang suka juga, harus.....
Lihat kanan kiri, gak banyak sih jenis ikannya tapi yang penting bandengnya bagus2 deh, seger kelihatannya....
Dalam hati berdoa saja,jangan yang bandeng ini bagus karena diformalin. Abis doyannya cuman bandeng presto.

Bagian penjual sayurannya juga oke punya, ada jamur merang seger, ada selada air, labu siam mini kesukaan kami, juga jeruk limonya gede2 deh, sampe leunca juga ada, wah boleh deh. Lalu yang juga menarik ada pete kupas dijual kiloan.

Senengnya juga, ada yang jualan bumbu seger halus, cabe giling halus dan kasar, waaaa enak sekali....cuman waktu dicoba beli, asinnya bumbu halus ini.
Rupanya mereka ngasih banyak banget garam untuk pengawetnya.
Mungkin untuk yang tinggal diJakarta pasar model gini biasa tapi kan saya bukan orang Jakarta, jadi lihat yang gini langsung *cling*.....mata seger deh.
DiBontang sih pasarnya sederhana saja, jadi harap maklum kalau agak kuper soal per-pasar-an, yang penting sekarang lagi hepi banget.....
Dalam bayangan, wah kalau ntar bulan Juli masakin untuk eventnya adikku yang mau nikah dan masakin buat ortu yang mau anniversary, kayaknya bisa deh, lha wong banyak bumbu siap pakai gini....
Kan kalau masak tuh yang paling males cuman bikin bumbu, ngupas bawang, motong2in ayam, nah disini semua udah siap pakai, jadi kayaknya, siapa takut masak buat ratusan orang.....mudah2an kalau semua lancar ya ?

Big Issue :
Pas pulang kali ini di tanah air ada 2 issue yang mengerikan , katanya semua2 diformalin, dari ayam, ikan, cumi, udang, sampe tahu-pun dicurigai ada formalinnya , waduh kan serem dengernya. sama satu lagi yang paling menjijikkan, baso tikus dan di trans TV diulang beberapa kali orang yang bikin baso dari daging tikus.....rasanya jijik betul deh lihat reportage tuh TV, udah deh gak usah dibahas, japri aja kalau yang mau tahu ceritanya, kasihan yang baca kalo gak kuat jijik......

Tapi memang efeknya jadi parah, rasanya geli betul mau makan baso, padahal tadinya niat mau bikin jurnal pedagang2 mie baso yang biasa kami kunjungi, mungkin lain kali aja deh.....
Juga mau beli makanan matengan tuh akhirnya pikir2, karena juga ada issue minyak goreng ex restoran besar yang dijual kembali ke pedagang kecil, waduh pokoknya heboh deh kali ini soal makanan mateng tuh.

Lagian juga aku kan ada pembantu yang import itu, kalau gak didaya gunakan kan, juga sayang.... dan untung juga dia ku import kalau engga kan terpaksa beli makanan matengan dengan berat hati pastinya.

Wah lain kali ke Jakarta harus import dia lagi nih.....
Mau kan bi Naha ? masih suka kan naik kapal terbang lagi dari Balikpapan ? dan lanjutnya terpaksa naik bis ke Bontang karena pesawat yang ada dari Balikpapan - Bontang hanya untuk pegawai PT Badak saja, pesawat charter 42 penumpang, Dash-7 Pelita punya.

Akhirnya tempat yang paling sering dikunjungi pagi hari ya pasar Grogol ini.Dan gak munafik deh ya, kalau juga lumayan ngirit dibanding belanja melulu di Carrefour atau Hero.....
Ya yang penting2 aja belanja disupermarket, yang basic malah enakan dipasar tradisional, kerasa gregetnya.....karena ada interaksi dengan masyarakat segala kelas.


Hot Shot


Diperjalanan menuju Cikini, diSlipi ketemu penggemar duren yang gak mau mobilnya bau duren, bagus juga ya ide ini.

1 Comments:

At 12:10 PM, Blogger suzanne said...

Hai tante Estherlita,

Salam kenal ya. Sejak saya nemuin blognya si tante, saya jadi pengunjung setia loh. Ceritanya sangat menarik dan asik-asik, bikin ngiler kalo sudah nyebutin makanan-makanan khas Indonesia (jakarta). Sama nih saya juga tinggal di rantau (Australia), jadi kerjaannya browsing buat cari resep-resep tradisional.

Keep posting ya tante.

Regards,

Suzanne

 

Post a Comment

<< Home